Popular Post

Posted by : Unknown May 27, 2016

          

Secara harfiah manusia itu adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi dan saling membutuhkan satu sama lain. Ya itu adalah manusia yang sebenarnya. Tapi apa yang kita lihat sekarang ? Jika anda belum tahu dan berpikir tidak ada yang berubah dengan manusia sekarang. Coba kembali lihat orang atau teman di sekeliling anda, hampir semuanya sibuk dengan akun media sosialnya masing - masing. Kalaupun ada yang masih berinteraksi dengan kalian atau satu sama lain pasti hanya para orang tua yang tidak terkena dampak perkembangan teknologi.

Kemajuan teknologi komunikasi saat ini tidak terlepas dari kemajuan dari sosial media pula. Keberadaan media sosial dalam kehidupan kita tentunya telah mengubah gaya hidup kita. Sekarang kita lebih bergantung dengan media sosial kita. Segala hal yang kita lakukan setiap harinya tidak terlepas dari media sosial. Bahkan banyak orang yang aktivitas pertama saat bangun di pagi hari yaitu mengecek media sosialnya. Begitu juga ketika sebelum mengakhiri harinya, orang mengecek sosial media. Sosial media tidak terbatas oleh umur, asalkan memiliki gadget dan jaringan, sosial media dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun.
Fenomena komunikasi melalui internet sekarang ini bagi sebagian orang tampaknya lebih menarik daripada berkomunikasi secara langsung tatap muka. Gejala inilah yang oleh Walther (1996) disebut sebagai komunikasi hiperpersonal, yakni komunikasi dengan perantara internet yang secara sosial lebih menarik daripada komunikasi langsung. komunikasi hiperpersonal pun disinyalir akan mampu menciptakan keakraban, bahkan keintiman di antara partisipannya. Hanya saja keintiman yang terjalin belum tentu bersesuaian antara yang terjadi dalam realitas dunia maya (hiperrealitas) dengan realitas yang sesungguhnya.
 Terdapat 12 fakta menarik mengenai media sosial (menurut situs http://socialmediaweek.org/jakarta/2015/02/04/10-fakta-unik-mengenai-media-sosial/)

1. Twitter akan menjadi populasi ke 12 terbesar di dunia, bila Twitter merupakan sebuah negara
Apabila internet merupakan sebuah dunia nyata dan Twitter merupakan sebuah negara. Maka Twitter akan menjadi negara dengan populasi terbesar ke 12 di dunia. Persis diatas Filipina dan dibawah Meksiko.

2. Rekaman di Youtube yang diunggah setiap harinya hampir berdurasi 12 tahun
Menurut statistik dari website Youtube, walaupun seseorang menghabiskan seluruh waktunya dari lahir hingga hari akhir untuk menonton rekaman di Youtube, tidak akan mungkin menonton semua rekaman yang ada.

3. Lebih dari 350 juta pengguna Facebook, kecanduan Facebook.
Terdapat 350 juta pengguna Facebook yang terdeketsi kecanduan Facebook. Mereka dikatakan kecanduan karena tidak dapat berhenti untuk terus mengakses Facebook.

4. 30% pengguna Twitter merupakan orang kaya.
Rata-rata pengguna Twitter dengan pekerjaaan mapan seperti artis, politikus, dan pekerjaan lainnya memiliki penghasilan lebih dari USD 100 ribu.

5. LinkedIn memiliki 2 anggota baru setiap detiknya
Faktanya mengatakan bahwa ternyata banyak pencari lowongan pekerjaan yang menggunakan situs ini untuk mencari pekerjaan.

6. Lebih dari 5 juta foto diunggah ke Instagram setiap harinya
Setelah bergabung dengan Facebook, Instagram menjadi lebih populer dari sebelumnya.

7. 97% penggemar halaman Pinterest di Facebook merupakan wanita
8. Awalnya Youtube merupakan situs kencan
9. 13 juta blog baru diunggah setiap tahunnya
10. Link mengenai seks 90% lebih sering beredar di Facebook dibandingkan dengan link lainnya.Kondisi internet dan media sosial di Indonesia 1


Dari fakta-fakta yang telah disebutkan oleh situs diatas, dapat dikatakan bahwa hampir sebagian masyarakat telah menjadikan media sosial sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari mereka. Karena segalanya dapat dilakukan melalui sosial media, mulai dari saling bertukar informasi, mengirim pekerjaan kantor, hingga sampai memesan makanan untuk kebutuhan fisiologis dapat menggunakan melalui sosial media. Karena adanya sosial media ini lah sesuatu yang sebelumnya sulit menjadi sangat mudah, semudah dengan menyentuh tombol ‘okay’. Segalanya dipermudah mulai dari melakukan transaksi bank di e-banking, membeli tiket kereta dan pesawat, berbelanja produk serta jasa angkutan.

Meskipun internet dan sosial media dapat mempermudah aktivitas saat ini, tentu saja terdapat kekurangannya didalamnya. Yaitu manusia yang hakikatnya adalah sebagai makhluk sosial, sekarang ini lebih banyak berinteraksi melalui perantara media sosial saja, tanpa bersentuhan langsung, apalagi berkenalan secara langsung. Tentu saja hal ini berdampak pada berkurangnya kepekaan manusia terhadap lingkungan sekitarnya, hanya berfokus pada gadget yang ada di tangannya. Istilah yang disebut untuk generasi saat ini adalah ‘generasi menunduk’ dimana semua orang hanya tertunduk kepada alat yang digenggam dan selalu di bawa kemanapun.




Salah satu efek dari seringnya menggunakan sosial media adalah FOMO (Fears of Missing Out). FOMO merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut ketakutan akan ketinggalan informasi atau kesempatan berinteraksi. Media sosial memberikan akses yang terbuka untuk interaksi dengan banyak orang. Namun ketika penggunaan dan perannya berlebihan, seseorang akan merasa terikat dengan media sosial karena takut melewatkan kesempatan berinteraksi dengan temannya. Tak heran jika banyak orang yang merasa ‘menempel’ pada media sosialnya dan merasa tak nyaman jika tak mengecek media sosial setiap jam.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi yang dikatakan sebagai ‘generasi menunduk’ harus lah bijak dalam penggunaan internet dan sosial media, misalnya dimulai dengan mendisiplinkan waktu kita ketika menggunakan gadget, seperti dibatasi hanya 3 atau 4 jam dalam waktu sehari. Selain itu, berinteraksilah sesering mungkin dengan orang lain, karena dengan berinterkasi dengan orang lain kita akan terbiasa berhadapan dengan masalah yang ada secara nyata di depan kita, dibanding dengan berinteraksi di depan layar gadget saja.

Menggunakan media sosial boleh, tetapi jangan lupa untuk bijak dalam mengunakannya !!!



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -