Popular Post

Posted by : Unknown May 21, 2016


Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disingkat TIK yang dalam bahasa inggris ICT (Information and Communication Technology) merupakan istilah bagi teknologi apapun yang dapat membantu dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarluaskan informasi. TIK juga menyatukan komputasi dan komunikasi dalam bentuk data, visual, suara dan video. Tidak terbatas hanya pada komputer pribadi namun juga berupa telepon, televisi hingga ponsel. Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangannya manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Teknologi informasi mampu menggeser beberapa teknologi lampau, seperti media online yang lebih banyak diminati dibanding media cetak dikarenakan pengaruh fleksibel dan efisien. Tak hanya itu saja telepon genggam atau yang kita kenal dengan ponsel terus berkembang hingga menjadi ponsel cerdas yang makin menggeser komunikasi telpon rumah hingga komunikasi secara langsung.
Banyak sekali film-film yang memprediksikan teknologi masa depan, salah satu film yang menggambarkan teknologi masa depan adalah film yang berjudul “Her”, dirilis pada tahun 2013 film ini menceritakan tentang suatu sistem operasi yang dirancang khusus untuk beinteraksi seperti dengan manusia, tidak hanya berinteraksi sistem operasi tersebut bisa berbicara dan berdialog dengan luwes. Bahkan, sistem operasi ini diprogram untuk bisa memiliki emosi, perasaan, pikiran, bahkan intuisi. Bahkan di dalam film ini, sang pemeran utama akhirnya menjalin hubungan dengan sistem operasi, dan menjalin layaknya pasangan ‘normal’. Film ‘Her’ ini mungkin memprediksikan bahwa teknologi kedepannya mungkin sudah akan sangat menyerupai dengan manusia, yaitu dapat memiliki perasaan dan pikiran.
Namun, jauh sebelum sebelum film-film tersebut dirilis beberapa ahli sudah memprediksikan perkembangan teknologi tersebut. Seperti pada buku Megatrends 2000 , yang ditulis oleh John Naisbitt dan Patricia Aburdene (1982), bahwa nantinya komputer akan menghuni setiap rumah, memeliki jaringan, saling terhubung, dan surat kabar melalui surat. Nyatanya, predikis yang dikatakan dalam buku tersebut benar-benar terjadi, yaitu pada awal tahun 2000 beberapa rumah telah memiliki komputer dan juga jaringan internet, dan juga pesan yang biasa dikirim melalu pos sudah dapat dikirim melalui e-mail.
Selain itu, Bill Gates pada tahun 1997 juga memprediksi tentang perkembangan teknologi. Ia mengatakan,
” Kita sedang melintasi suatu batas teknologi yang akan senantiasa merubah cara kita : belajar, bekerja, bergaul, berbelanja”. 
Merubah cara belajar, maksudnya adalah pada saat ini jaringan internet sangat membantu dalam proses belajar karena dengan menanyakan apapun pada mesin pencari ‘google’ kita dengan mudah mendapatkan jawabannya. Namun, selain membantu, mengubah cara belajar juga berarti membuat kita malas untuk membaca buku. Menurut survey yang dilakukan oleh Alfa Tirza, salah satu reporter CNN, di salah satu SMA di Depok. Sebanyak 65% mengatakan lebih penting internet. Menurut mereka internet memberikan lebih banyak referensi. Internet juga instan, praktis, murah dan cepta. Cakupannya lebih luas serta menurut mereka biasanya buku berasal dari internet. Meski begitu, terdapat 25% responden yang mengatakan bahwa buku lebih penting. Karena buku bisa dipercaya sedangkan internet bisa direkayasa. Untuk membaca buku lebih mudah ketimbang internet, karena internet harus punya kuota dan pulsa. Dan sebanyak 10% responden mengatakan buku dan internet bisa saling melengkapi. Sebab keduanya sama-sama menyajikan informasi-informasi yang penting. Merubah cara kerja makusdnya adalah, segala pekerjaan kita dapat terbantu oleh adanya teknologi tersebut, seperti mengirim dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan dapat dilakukan dengan hitungan detik, tanpa harus menggunakan pos atau menggunakan kurir. Begitu juga denga cara bergaul, sosial media kini merupakan suatu yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Banyak orang yang aktif di sosial media, namun sayangnya justru pasif di kehidupan nyata. Contohnya adalah ketika berkumpul bersama teman-teman bukannya saling berinteraksi satu sama lain, justru berinteraksi dengan gadget nya masing-masing. Berbelanja pun sekarang dapat dengan mudah dilakukan melalui layar gadget kita, tanpa harus susah payah ke toko. Namun hal ini juga yang dapat membuat masyarakat semakin konsmutif, karena banyaknya pilihan dengan semakin mudah untuk membeli. Dan tentu saja hal-hal tersebut akan mempengaruhi dan lebih merasuk pada cara hidup kita yang tidak dapat kita kenal sebelumnya. Hal ini terbukti bahwa apa yang diprediksikan oleh Bill Gates pada tahun 1997 pun terealisasi.
Pada tahun 2007 Bill Gates juga memprediksi,  
"Ponsel akan menjadi PC (Personal Computer) dan PC akan menjadi ponsel," ujar Gates (Windows Hardware Engineering Conference, USA (17/5/2007).
Gates memprediksi bahwa komputer dapat kita genggam kemanapun dan kapanpun, karena ponsel akan dilengkapi dengan fitur personal computer. Jadi, membawa komputer semudah menggenggam ponsel. Berikut beberapa ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur personal computer :
·         Windows phone
·         Blackberry (2003)
·         Iphone (2007)
  Android (2007)
Dari beberapa ponsel yang disebutkan tadi, android lah yang sampai sekarang ini masih berada di sebagian hati masyarakat. Terbukti dari hasil data pada agustus 2015.
Android menempati angka tertinggi yaitu sebesar 52,6% , disusul oleh Apple iOS sebanyak 42,7 % dan blackberry menempati tempat terakhir yaitu sebesar 0,7%.
Pada tahun 2008, Bill Gates mengatakan bahwa teknologi informasi akan bersifat :
a.       Convergence (konvergensi)
b.      Connectedness (terhubung)
c.       Natural interface (terhubung secara alami)
d.      Paperless (tidak menggunakan kertas)

A.    Convergence
Konvergensi artinya menjadi satu. Teknologi bersifat konvergensi artinya teknologi yang tadinya terpisah-pisah, dengan fungsi sendiri-sendiri, sekarang menyatu dalam satu teknologi. Berikut beberapa contoh dari konvergensi teknologi :
-    Streaming TV
Streaming tv merupakan gabungungan antara chanel tv dengan internet. Jadi jika biasanya kita itu menonton tv itu harus ditv, kini dengan ada adanya streaming tv ini kita bisa menonton tv dimanapun asalkan kita terhubung dengan internet dan memiliki browser. Dengan adanya streaming tv ini selain kita hanya menonton channel yang kita sayang, kita juga bisa berpartisipasi dalam berita yang ditayangkan tersebut. Karena biasanya tv streaming itu sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk komentar, jadi kita bisa mengomentari berita yang sedang terjadi dan komentarnya bisa dilihat oleh banyak orang.

-          Internet Banking
Internet Banking adalah fasilitas layanan yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Layanan ini dapat digunakan kapan saja dan di mana pun yang memiliki akses internet, sehingga mempermudah penggunanya. Anda dapat melakukan berbagai transaksi melalui Internet Banking, diantaranya Cek Saldo, Mutasi Rekening. Transfer Antar Rekening, Pembayaran Tagihan, dan lain-lain.
-          Jam tangan pintar
Ada beberapa fitur yang ada dalam Android Wear. Dalam video, digambarkan banyak fitur notifikasi yang memudahkan pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari, misalnya memanggil teman, mengetahui posisi teman, hingga sensor QR code di bandara. Google mengatakan, dengan jam tangan pintar berbasis Android Wear, pengguna mendapatkan informasi waktu, jarak dengan cepat dan mudah, meski pengguna tengah berjalan, berlari, bersepeda maupun tengah di angkutan umum. Aplikasi Google Maps yang sudah hadir secara langsung pada jam tangan memudahkan pengguna menavigasi sesuatu.
B.     Connectedness
Suatu kondisi dimana manusia sudah saling terhubung
a.       Di manapun
b.      Kapanpun
c.       Dengan alat apapun
Antar device juga saling terhubung
a.       HP dengan PC/laptop
b.      HP dengan Tablet
c.       HP dengan TV
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa pada zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat mudah terhubung dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah. Dan teknologi itu sama dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif) sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalamkesengsaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif) oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -